Popularitas iPhone masih belum tertandingi, setelah smartphone keluaran Apple itu menjadi brand yang paling banyak dibahas di media sosial, selama tiga tahun berturut-turut.
Demikian hasil analisa Vitrue Inc, sebuah manajemen media sosial asal Atlanta sebagaimana disitat Cellular News, Minggu (9/1/2011). Menyusul di bawah iPhone adalah Blackberry (2), Disney (3), Android (4) serta iPad (5).
Vitrue mengukur "penyebutan sosial" (social mentions) sebuah brand dengan menganalisa percakapan online sehari-hari di berbagai situs jejaring sosial, blog, mikroblog serta situs photo dan video-sharing. Meski begitu, daftar yang dirilis dalam Vitrue 100 semata-mata menggambarkan volume penyebutan sosial sebuah brand, bukan sentimen terhadap brand tersebut.
iPhone yang menempati posisi teratas karena brand itu masih terus menimbulkan kehebohan sepanjang 2010, terbukti dengan banyaknya artikel, blog serta penyebutan dari konsumen," tambah Bradford.
Selain itu, sangat menyenangkan melihat beberapa brand baru tahun ini, seperti Android yang langsung menempati peringkat empat. Sementara, Blackberry berhasil naik 13 peringkat. 60 persen brand yang menempati 20 peringkat teratas merupakan produk elektronik, itu menunjukkan kuatnya dominasi industri tersebut dalam penyebutan sosial."
0 komentar:
Posting Komentar